Likes: 0
Kab. Magelang
  • kominfo@magelangkab.go.id
  • Pemerintah Kabupaten Magelang
Kab. Magelang

BERITAMAGELANG.ID - Inilah cara yang dilakukan pasangan suami istri Johanes Aditya Sanjaya (38) dan Theresia Sulistiowati (36) untuk membantu warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di tengah pandemi Covid-19. Berbeda dengan orang lain yang menyediakan segalam macam kebutuhan pokok sehari-hari, pasangan ini justru membantu dengan meminjamkan alat ukur oximeter. Alat yang mampu mendeteksi tingkat oksigen di dalam darah seseorang tanpa orang itu merasaan sakit.

Ia menyediakan sedikitnya 50 oximeter di toko Maha Murah di Ruko Valencia Blok B1 Mertoyudan Kabupaten Magelang. Alat itu bisa dipinjam warga yang sedang isoman, dengan syarat yang sangat mudah. Hanya menyerahkan KTP dan surat keterangan sedang isoman. 

"Datang saja ke toko dengan membawa syarat KTP dan surat isoman. Boleh dipinjam sesuai kebutuhan, asal dirawat dengan baik," kata Johanes saat ditemui, Selasa (27/7/2021).

Johanes mengatakan, dirinya bersama dengan istri tergerak untuk meminjamkan oximeter kepada warga yang isoman, mengingat banyak kasus kematian penderita covid-19 yang melakukan isoman. Mereka banyak yang tidak mengetahui kadar oksigen dalam darah karena tidak memiliki alat pengukurnya. 

"Saya baca dan mendengar berita, banyak warga yang meninggal saat sedang menjalani isolasi mandiri karena mengalami sesak nafas dan tidak segera mendapatkan oksigen. Itu karena mereka tidak tahu kadar oksigen dalam darah yang bisa dilihat melalui oximeter," ujarnya.

Selain itu banyak warga yang tidak memiliki alat ini karena tidak cukup memiliki uang untuk membeli. 

"Saya dan istri berinisiatif untuk membantu mereka dengan meminjamkan oximeter. Kebetulan, di toko kami stoknya cukup banyak, sehingga ada yang kami jual maupun kami pinjamkan," paparnya.

Oximeter ini sudah dikemas dalam sebuah wadah plastik. Sehingga warga yang ingin meminjam tinggal membawa saja. Sampai di rumah cukup mengisi baterai. Warga yang sedang isoman bisa setiap hari mengukur kadar oksigen dalam darahnya. Alat ini penting untuk dimiliki karena kondisi kurangnya oksigen dalam tubuh umumnya tidak menimbulkan gejala. Padahal kondisi itu sangat berbahaya dan  mengancam nyawa bila tidak segera ditangani. 

"Karena itu sangat penting untuk selalu memantau kadar oksigen dalam darah warga yang isoman karena positif  Covid-19," imbuh Johanes.

Sejauh ini sudah banyak respon dari warga yang ingin meminjam oximeter. Karena itu, ia berpesan agar warga tidak sungkan-sungkan untuk pinjam oximeter yang bisa diambil di tokonya.

Kurniawati
Creator
  • Categories: Berita Magelang
  • Created At: Rabu, 28 Juli 2021