Likes: 0

Call Center : +112

BERITAMAGELANG.ID - Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Magelang, S. Achmad Husein mengatakan, Usaha Kecil dan Menengah (UKM) mempunyai peran strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. Selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga pendistribusian hasil-hasil pembangunan. Sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terbukti memiliki ketangguhan dalam menghadapi krisis ketika banyak usaha berskala besar yang mengalami stagnasi bahkan berhenti aktivitasnya. Oleh karena itu pengembangan ekonomi pelaku sektor UKM menjadi poin penting dalam pembangunan.


Namun, faktanya unit usaha pada sektor UKM seringkali terabaikan hanya karena hasil produksinya dalam skala kecil dan belum mampu bersaing dengan unit usaha lainnya. Termasuk diantaranya UMKM kopi.


Seperti diketahui, Indonesia menduduki peringkat keempat penghasil kopi terbesar di dunia setelah Brazil, Vietnam dan Kolombia. Dan keragaman kopi Nusantara adalah sebuah potensi kekuatan cita rasa luar biasa yang harus didorong bersama menjadi kekuatan atraksi pariwisata Indonesia, termasuk jenis kopi dari Kabupaten Magelang.


"Kita harus terus mendorong agar kopi dari Kabupaten Magelang sebagai salah satu komoditas unggulan dapat dijadikan sebagai objek penyangga industri pariwisata," ujar Husein saat Forum Group Discussion (FGD) Kolaborasi Pentahelix dalam rangka Peningkatan UMKM Kopi di Kabupaten Magelang, yang diselenggarakn di Atria Hotel, Rabu (9/3).


Husein menyebutkan dengan menikmati secangkir kopi Arabika Windusari sambil berkeliling perkebunan tentunya akan menjadi daya tarik sekaligus bakal diminati para pelancong lokal maupun internasional.


Husein menambahkan, untuk mewujudkan hal tersebut, para pelaku UMKM membutuhkan pelindung dan payung hukum berupa kebijakan pemerintah seperti undang-undang dan peraturan pemerintah. 


Adanya regulasi, baik berupa undang-undang dan peraturan pemerintah yang berkaitan dengan UMKM, baik dari sisi produksi maupun dari sisi perbankan, akan memacu peranan UMKM dalam perekonomian. Regulasi tersebut diharapkan bisa memberikan perlindungan dan manfaat untuk masyarakat pelaku bisnis pada umumnya dan pelaku UMKM Kopi pada khususnya.


"Akhirnya kami berharap, pada kegiatan Forum Group Discussion UMKM kali ini, akan mampu menggerakkan roda perekonomian para pelaku UMKM di wilayah Kabupaten Magelang, sehingga nantinya produk-produk yang dijual akan dapat menciptakan dan mempunyai  pangsa pasar tersendiri dan secara signifikan bisa meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat pelaku UMKM," papar Husein.


Koordinator Hubungan Antar Lembaga Dalam Negeri pada Kemenparekraf, Nurwan Hadiyono, mengatakan, tujuan FGD tersebut untuk menghimpun informasi dan masukan terkait memajukan produk komoditas kopi di Kabupaten Magelang. Dimana produk kopi saat ini erat kaitannya dengan pariwisata.


"Kami berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Kepemudaan Dan Olahraga Kabupaten Magelang dan Indonesian Creative Cities Network (ICCN) ada masukan Kopi di Magelang kurang terangkat padahal mutunya bagus. Petaninya ada, bibitnya ada, pelaku UMKM-nya juga ada," kata Nurwan.


Kemenparekraf mengadakan FGD ini untuk mencari masukan dengan melibatkan unsur peserta penta-helix atau multipihak yaitu unsur pemerintah, swasta, akademisi, komonitas dan media. Hasil diskusi ini akan kami dijadikan acuan kebijakan.


Salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut, seorang praktisi dan pengusaha Kopi dari Jakarta, Tohu Siregar, menyampaikan, kopi di daerah manapun semuanya enak, hanya sumber daya manusia (SDM) yang membedakan.


"Bisa maju dan berkembang tinggal SDM-nya saja, untuk mengolah, memasarkan dan branding termasuk skill mengolah kopi, agar hasil akhir tastenya lebih baik. Dan faktor branding dan promosi, untuk membentuk mindset masyarakat agar kopi dari Magelang enak," jelas Tohu, yang menyampaikan materi Membangun Bisnis Kopi dari Nol.


Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan proskes ketat, semua peserta melakukan swab sebelum kegiatan dimulai.


Chandra Yoga
Creator
  • Categories: Berita Magelang
  • Created At: Senin, 14 Maret 2022