Likes: 0

Call Center : +112

BERITAMAGELANG.ID - Bencana angin kencang melanda pemukiman warga di lereng Gunung Merbabu tepatnya di Dusun Gondangsari, Desa Ketep, Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang Minggu (3/7/2022) petang.


Salah satu saksi warga Dusun Gondangsari, Kayat mengungkapkan, saat kejadian dirinya tengah bekerja di objek wisata Ketep Pass. Dari lokasi ketinggian ini pusaran angin terlihat jelas dan sempat membuat panik wisatawan yang memang tengah ramai pada akhir pekan itu.


Menurutnya, saat kejadian angin kencang itu cuaca terlihat mendung juga disertai hujan deras sehingga membuat pengunjung berlarian untuk berteduh. 


"Kondisi angin sempat membuat panik pengunjung karena melihat dusun kami kena angin. Tapi tidak panik sekali," kata Kayat di lokasi kejadian.


Kondisi objek wisata Ketep Pass hingga saat ini masih aman, tidak ada kerusakan akibat musibah tersebut.


Sementara berdasar kaji cepat tim BPBD Kabupaten Magelang, bencana angin kencang tersebut terjadi pukul 15:15 WIB. Dampak bencana itu sebanyak 7 rumah warga rusak ringan, 1 bangunan gubuk dan jaringan listrik padam.


"Angin dari sebelah timur, kerusakan ada di RT 08 RW 04 yang mengalami kerusakan bagian atap ada tujuh rumah," ungkap Kadus Gondangsari, Suharyono.


Dikatakan Suharyono pasca kejadian warga langsung bergotong royong memperbaiki sebagian rumah. Dari tujuh rumah yang rusak itu tiga rumah selesai diperbaiki dan empat rumah lainnya membutuhkan material baru sebagai pengganti akan diperbaiki esok hari.


"Kejadian angin berlangsung kurang lebih 10 menit. Alhamdulillah korban jiwa tidak ada," katanya.


Wahyu Hidayat
Creator
  • Categories: Berita Magelang
  • Created At: Senin, 4 Juli 2022