Likes: 0

Call Center : +112

BERITAMAGELANG.ID - Bupati Magelang Zaenal Arifin memimpin Rapat Koordinasi dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Magelang pada bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H bersama jajaran Forkompimda dan stakeholder terkait lainnya secara virtual di Ruang Bina Karya, Setda Kabupaten Magelang, Senin (3/4).


Bupati Magelang menyampaikan, rapat koordinasi ini sebagai lanjutan dari rapat koordinasi yang telah dilakukan pada tingkat Provinsi Jawa Tengah beberapa waktu lalu.


"Jadi hari ini sebagai tindak lanjut, ingin memastikan bahwa Pemerintah menjamin rasa aman, nyaman kepada seluruh warga masyarakat yang ingin melaksanakan baik itu liburan maupun yang ingin merayakan Hari Raya Idul Fitri," jelas, Zaenal Arifin usai melaksanakan Rakor persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.


Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Magelang juga memastikan ketersediaan barang kebutuhan pokok masyarakat dalam kondisi tersedia/dalam kondisi siaga 1 (aman).


Zaenal Arifin juga menginstruksikan kepada Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah untuk mengintensifkan pelaksanaan operasi pengawasan distribusi bahan berbahaya yang disalahgunakan dalam pangan seperti formalin, rodamin B, borax, methanol yellow dan lainnya. 


"Pastikan bahwa kebutuhan pokok masyarakat cukup tersedia di Kabupaten Magelang. Antisipasi juga ketersediaan barang-barang kebutuhan yang terbatas, kelancaran distribusinya, stok dan harga BBM dan LPG di lapangan, serta upaya pencegahan penimbunan barang yang sering kali terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri," tuturnya.


Khusus mengenai ketersediaan BBM dan LPG diharapkan dari pihak PT. Pertamina, Distributor, Agen dan pangkalannya untuk mengantisipasi melonjaknya kebutuhan menjelang Lebaran dengan menaikkan jumlah stok barang, sehingga tidak sampai ada kelangkaan dan antrian panjang di lapangan.


"Kami imbau juga kepada PDAM Tirta Gemilang dan OPD terkait yang menangani ketersediaan air minum dan air bersih untuk terus melakukan pemantauan di lapangan, segera lakukan pemetaan daerah krisis air dan persiapkan segala prasarana distribusinya," tegas, Zaenal.


Menurut Zaenal, lebaran tahun ini (2023) diperkirakan akan ada Euforia yang luar biasa. Kabupaten Magelang yang memiliki destinasi super prioritas (Candi Borobudur) tentu akan menarik para wisatawan baik domestik maupun mancanegara untuk berlibur. Oleh karena itu, perlu dipersiapkan segala sesuatunya agar pengunjung tetap merasa aman dan nyaman.


"Kami persilahkan untuk datang ke Magelang tidak hanya di Borobudur. Kita punya obyek wisata Ketep Pass, Nepal Van Java, Khayangan, Kalibening dan kita akan layani dengan baik," uangkapnya.


Kapolresta Magelang AKBP Kombes Pol Ruruh Wicaksono mengatakan untuk mengantisipasi Kamtibmas dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1444 H akan diadakan Operasi Ketupat yang akan dimulai pada tanggal 19 April - 2 Mei 2023.


"Tentunya selain pemasangan Pospam (Pos Pengamanan) kita harapkan selain tindak kejahatan tidak ada kejadian-kejadian yang lain termasuk bencana alam seperti erupsi Merapi dan tanah longsor," harapnya.


Untuk pengamanan pada Hari Raya Idul Fitri 1444 H Polresta Magelang sendiri akan menerjunkan sebanyak 447 personil di lapangan.


Remmy Saputra
Creator
  • Categories: Berita Magelang
  • Created At: Selasa, 4 April 2023