Likes: 0

Call Center : +112

BERITAMAGELANG.ID - pemilihan kepala desa (pilkades) serentak akan diselenggarakan pada Minggu (24/11/2019). Untuk persiapan pengamanannya, Polres Magelang menggelar apel gelar pasukan Operasi Pengamanan pilkades di halaman Mako Polres Magelang Rabu (20/11/2019).


Apel gelar pasukan tersebut diikuti personel gabungan yang terdiri atas Polri, TNI, Satpol PP, dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas).


Apel ini dipimpin Wakapolres Magelang Kompol Eko Mardiyanto yang dihadiri forum pimpinan daerah, Wakil Bupati Magelang Edi Cahyana dan stakeholders terkait lainnya.


Dalam amanatnya, Eko mengatakan apel gelar pasukan ini untuk mengecek kesiapan akhir para personel keamanan, termasuk juga sarana dan prasarana yang diperlukan. Kapolres mengaku ratusan personel dilibatkan terdiri atas TNI, Polri, Satlinmas. Dan unsur lainnya. Pengamanan kegiatan Pilkades mulai pada tanggal 22 s.d 24 November 2019 mendatang.


"Oleh sebab itu tadi apel keamanan gabungan hadir juga jajaran pasulan dari Polresta Magelang. Untuk total personil sebanyak 2.377 personil gabungan yang terdiri dari : 1.151 Polisi, 300 TNI, 42 satpol pp, 846 linmas dan 21 trantib kecamatan," terangnya.


Eko berpesan agar pengamanan dilakukan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif, dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi kepolisian dalam bentuk Satuan Tugas Polres Magelang.


Apel ini juga sebagai bentuk respon terhadap perkembangan lingkungan strategis baik pada tataran regional, nasional maupun global, yang bergerak begitu cepat dan dinamis, terutama yang berimplikasi pada aspek keamanan dan ketertiban di wilayah Kabupaten Magelang.


“Desa Blondo Kecamatan Mungkid menjadi salah satu Desa yang kita katagorikan rawan dalam Pilkades 2019 ini. Isu dugaan salah satu Calon Kades memiliki ijazah palsu," ungkap Eko.


Sementara Wakil Bupati Magelang, Edi Cahyana menambahkan Pilkades 2019 di Kabupaten Magelang sudah siap dilaksanakan.


"InsyaAllah sampai hari ini sudah siap semua, mulai dari aturan regulasi dan keamanan sudah hari ini," tambahnya.


Dijelaskan juga untuk sarana dan prasarana Pilkades sudah terdistribusikan semua.


"Semua sudah sampai di Desa. Mulai besok sampai Sabtu kita akan melakukan pengecekan di bawah untuk memastikannya," Jelasnya.


Edi juga berharap Pilkades 2019 ini berjalan dengan lancar dan damai melalui peran tokoh masyarakat, agama, dan politik pada Pillades 2019 di Magelang.


"Semoga masyarakat bisa memilih dengan partisipatif tinggi dan mendapatkan pemimpin yang sesuai sehingga aspirasi mudah diterima," harapnya.


Pada tahun 2019 ini, Kabupaten Magelang akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa secara serentak pada 294 desa di 21 Kecamatan yang terbagi menjadi dua wilayah hukum yaitu wilayah hukum Polres Magelang ada 282 desa, di 20 kecamatan sedangkan wilayah Polres Magelang Kota 12 desa di Kecamatan Bandongan.

Wahyu Hidayat
Creator
  • Categories: Berita Magelang
  • Created At: -