Likes: 0

Call Center : +112

   Pucungrejo, 12 Agustus 2019

   Bulan Agustus merupakan bulan kebesaran rakyat Indonesia , dimana pada tanggal 17 Agustus, 74 tahun yang lalu bangsa Indonesia mampu memerdekakan negaranya dari penjajahan bangsa lain. Pada bulan agustus tahun ini ada dua hari kebesaran rakyat Indonesia, salah satunya yaitu hari Minggu 11 Agustus 2019, hari itu merupkan hari Besar Nasional karena bertepatan dengan perayaan  hari Raya Iedul Adha 1440 Hijriah. Dimana seperti yang sudah berjalan umat Muslim diseluruh penjuru dunia berkesempatan untuk melakukan ibadah penyembelihan hewan Qurban sebagaimana yang dilakukan oleh para jemaah haji di Mekkah.

   Pada kesempatan kali ini di setiap wilayah/dusun yang ada di desa Pucungrejo juga terdapat panitia-panitia kecil yang bertugas menangani penyembelihan hewan kurban yang ada di wilayah masing-masing. Total hewan Qurban yang disembelih di wilayah desa Pucungrejo ada  54 ekor Sapi dan 76 ekor Kambing . Hewan Qurban yang telah disembelih selanjutnya dikuliti, lalu dagingnya dibagikan kepada warga masyarakat, khususnya keluarga kurang mampu atau ekonomi menengah kebawah.

    Pada Hari Raya Iedul Adha kali ini pun juga ada yang berbeda,dimana daging yang di berikan kepada warga masyarakat yang dulunya dikemas menggunakan kantong plastik sekarang mulai dirubah untuk dikemas menggunakan wadah non Plastik, tujuannya untuk menjaga kualitas daging  sekaligus menghindarkan lingkungan sampah yang sulit didaur ulang. Pilihan kemasan ramah lingkungan yang digunakan seperti besek bambu, keranjang, dan daun pisang, penggunaan bahan alam itu memicu pendayagunaan industri rumahan seperti pengrajin bambu dan daun pisang. Hal ini menindak lanjuti surat edaran  dari Pj.Sekretaris Daerah Kabupaten Magelang Tentang Pengurangan Penggunaan  kantong plastik Dalam Pembagian Daging Hewan Qurban. Pemerintah berharap dengan cara ini mampu mengingatkan masyarakat untuk lebih Cinta kepada Tanah Air sehingga kedepannya warga masyarakat di Desa Pucungrejo bisa mengurangi penggunaan barang/bahan yang terbuat dari Plastik, sehingga bumi dan lingkungan sekitar tetap terjaga keasriannya.

Beritadesa
Creator
  • Categories: Berita Desa Kec. Muntilan
  • Created At: -