Likes: 0

Call Center : +112

PNG imagePNG imagePENJELASAN LAMBANG KABUPATEN MAGELANG

 

BINTANG BERSUDUT LIMA : Berwarna kuning emas terletak ditengah yang berbentuk perisai sebagai lambang perjuangan menggambarkan daerah Kabupaten Magelang adalah daerah yang subur bagi segala macam golongan, agama, dan lapisan masyarakat.

TULISAN KABUPATEN MAGELANG : Berwarna kuning emas menunjukkan identitas daerah

STUPA BOROBUDUR BERDIRI LIMA TRAP : Berwarnaputih dan berlubang hitam terletak ditengah-tengah perisai melambangkan monumen tersohor Candi Borobudur yang dimiliki Kabupaten Magelang dan merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia dan melambangkan obyek wisata.

KERIS : Berwarna kuning emas terletak ditengah stupa melambangkan perjuangan Pahlawan Diponegoro yang gigih menentang penjajah.

GUNUNG : Berjumlahlimabuahberwarnakuningemas terletak dibawah trap melambangkan bahwa Kabupaten Magelang adalah suatu wilayah pegunungan/dataran tinggi dari lima gunung (Panca Arga) yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Pengunungan Menoreh, dan Gunung Tidar.

DUA PULUH LIMA BUTIR PADI : Berwarnakuningberangkai membujur keatas dibagian kiri perisai dan lima buah kapas berwarna putih berangkai dengan empat daun berwarna kuning emas membujur keatas bagian perisai serta empat buah panili pada batangnya yang melilit pada bambu runcing di sebelah kiri, melambangkan bahwa pada tanggal 25 September 1945 telah terjadi perjuangan mengusir penjajah Inggris dan Gurkha dalam mencapai kemerdekaan di daerah Kabupaten Magelang.

DUA HELAI DAUN TEMBAKAU :Berwarnakuningemasdanklembak yang terletak lurus dibawah daun tembakau menggambarkan hasil produksi pertanian untuk Kabupaten Magelang.

DUA BAMBU RUNCING :Berwarnakuningemas terletak sudut-menyudut ke kiri dan ke kanan pada klembak melambangkan perjuangan rakyat dan Pemerintah Kabupaten Magelang dalam perang kemerdekaan yang dapat menggalang persatuan dan kesatuan bangsa.

SAMIR :Berwarnamerahputihmelengkung ke atas terletak di bagian bawah perisai menggambarkan suatu optimisme akan tercapainya cita-cita yang luhur.

 

PENJELASAN WARNA LAMBANG KABUPATEN MAGELANG

KUNIG TUA ATAU KUNIG EMAS : Berarti keluhuran, melambangkan cita-cita yang luhur yang terkandung didalam perjuangan rakyat Kabupaten Magelang.

MERAH TUA : Berarti berani, melambangkan keberanian bertindak, keberanian menderita demi untuk tercapainya cita-cita luhur.

HIJAU TUA : Berarti harapan kehidupan, harapan akan cita-cita luhur yang amat besar.

HITAM : Berarti abadi kekal, perjuangan rakyat Kabupaten Magelang kekal dan abadi, pantang mundur sampai cita-cita berhasil.

PUTIH : Berarti suci bersih, perjuangan mencapai cita-cita, mencapai keadilan dan kebenaran.

Administrator
Creator
  • Categories: Berita Desa Kec. Kaliangkrik
  • Created At: -