Likes: 0

Call Center : +112

DESA NGAWONGGO,19/08/2019

Lanting merupakan makanan khas Dusun Sadayu Desa Ngawonggo,Kabupaten Magelang. Lanting merupakan makanan ringan/camilan yang terbuat dari tepung pati.
Makanan yang banyak di gemari oleh masyarakat di pedesaan maupun masyarakat perkotaan.

Makanan ini berbentuk bulat melingkar yang rasanya enak, renyah dan gurih. Disamping rasanya yang enak, Lanting haraganya juga terjangkau di masyarakat menengah ke bawah. Makanan ini sangat cocok untuk camilan teman nonton tv dan enak juga cocok buat hidangan meja bila ada tamu anda yang berkunjung di rumah anda.

Makanan ini biasanya banyak di jual di pasar Kaliangkrik, Salaman, Muntilan, Rejowinangun.
Lanting ini diproduksi oleh industri rumah tangga yang ketuai oleh Bapak yusro. Dalam satu hari Bapak Yusro dapat memproduksi 60 sampai 100 bal Lanting. Bapak yusro memiliki kayawan sebanyak 10 orang.Dalam satu hari dapat memproduksi bahan pokok pati 300 kg.

Bapak pesanan dari berbagai pasar atau perorangan dari berbagai daerah, akan tetapi Bapak Yusro belum bisa mencukupi pesanan yang ada karena keterbatasan modal dan tenaga kerja. Terkadang pesanan langgana yang sudah ada di gilir dalam proses pembuatan dan pengiriman Lanting.

Dengan adanya industri Rumah Tangga yang dusun sedayu ini, banyak tetangga yang bisa mendapatkan pekerjaan. Produksi lanting ini dapat meningkatkan perekonomian di Dusun sedayu. Pada saat musim lebaran biasanya produksi Lanting meningkat 2 kali lipat karena banyak konsumen yang memesan kepada Bapak yusro. ( Muchamad Shokhibul Anam )

Administrator
Creator
  • Categories: Berita Desa Kec. Kaliangkrik
  • Created At: -