Likes: 0

Call Center : +112

Hari Jumat tanggal 21 Desember 2018, Puskesmas Kecamatan Salam berserta Pemerintah Desa Jumoyo mengadakan “Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan” yang bertempat di Aula Balai Desa Jumoyo. Acara ini dihadiri oleh Forkompimcam Salam, Dinas Kesehatan Kecamatan Salam, UPT Disdikbud Kecamatan Salam, Perangkat Desa, Badan Permusyawaratan Desa, Pelajar, Tokoh Masyarakat, Masyarakat Desa Jumoyo serta lembaga Desa Lainnya. Tujuan dari kegiatan ini untuk menyadarkan masyarakat Desa Jumoyo untuk tidak membuang air besar sembarangan. Selain itu juga diharapkan masyarakat untuk berkomitmen dalam hal tersebut.

Acara ini diadakan karena dari hasil verifikasi Dinas Kesehatan Kecamatan Salam bahwa dari 2.152 Kepala keluarga se-Desa Jumoyo ada 58 Kepala Keluarga yang belum memiliki tempat buang air besar.  Untuk itu Pemerintah Desa Jumoyo berupaya untuk membuat Tempat Buang Air Besar secara Komunal yang terdapat pada 5 (lima) titik, yaitu 1 (satu) titik berada di Dusun Babadan, 3 (tiga) titik berada di Dusun Kemburan dan 1 (satu) titik di Dusun Jumoyo Lor serta untuk Pembuatan Tempat Buang Air Besar Komunal Dusun lainnya direncanakan dilaksanakan pada tahun 2019.

Dalam acara ini selain mendeklarasikan Stop Buang Air Besar Sembarangan juga dilakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahaya serta dampak membuang air besar sembarangan, penandatanganan prasasti oleh Camat Salam, dan Penyerahan sertifikat serta pin oleh Kepala Dinas Kabupaten Magelang. Bapak Sungkono selaku Kepala Desa Jumoyo berharap masyarakat Desa Jumoyo dapat berpartisipasi dalam mensukeskan stop buang air besar sembarangan sehingga terciptanya lingkungan yang sehat.

Administrator
Creator
  • Categories: Berita Desa Kec. Salam
  • Created At: -