Likes: 0

Call Center : +112

Sewukan - Pemerintah Desa Sewukan mengadakan acara " Pelatihan Pembuatan Batako Dengan Menggunakan Mesin Cetak Batako " pada hari Jumat, 20 Desember 2019, pukul 13.00 sampai jam 16.00 di Pasar Agribisnis Sewukan, Suko, Sewukan, Dukun,Magelang.

Acara ini merupakan salah satu program kerja yang diinisiatif oleh bapak haryadi selaku Kepala Urusan Pemerintahan. Pelatihan ini diikuti oleh masyarakat perwakilan dari masing-masing dusun di Desa Sewukan, yang berjumlah 10 orang. Dalam acara ini Pak Haryadi menyampaikan 

" Acara ini diadakan atas tindak lanjut dari adanya fenomena kita punya sumber daya tapi mengambil sumber daya dari orang lain, maksud saya disini adalah kita punya pasir, tapi seringkali saat kita mau membuat rumah malah membeli bahan bangunan diluar daerah desa. Hal ini sangatlah disayangkan. " kata Pak Haryadi

Pak Haryadi berharap bahwasanya dengan adanya pelatihan pembuatan batako ini masyarakat akan mampu membuat batako sendiri, untuk kemudian bisa dimanfaatkan dan dijual kepada masyarakat Desa Sewukan khususnya dan masyarakat diluar Desa Sewukan umumnya. Sehingga diharapkan kedepannya kegiatan ini bisa menjadi salah satu pendapatan Bumdes yang juga memperdayakan dan menyejahterakan masyarakat Desa Sewukan.

Pak Suratman selaku Kepala Desa juga menegaskan " Ini adalah langkah awal kita berusaha memanfaatkan sumber daya yang ada disekitar kita, karena seperti yang kita ketahui bahwasannya pasir merapi disepuar Desa Sewukan sangatlah melimpah. Sehingga dperlukan suatu inovasi untuk bisa memanfaatkan kekayaan yang ada ini untuk kesejahteraan masyarakat Desa Sewukan ."

" Pelatihan ini akan dilakukan sebanyak tiga kali dengan harapan masyarakat benar-benar bisa dan paham dalam penggunaan mesin pembuatan batako ini. Kemudian kami juga sedang mengupayakan tempat khusus untuk pembuatan  batako ini, karena tidak sembarang tempat bisa digunakan untuk mecetak batako."

Selain itu Pemerintah Desa Sewukan juga menargetkan nantinya dalam sehari nanti bisa memproduksi sebanyak 1000 - 4000 batako. Dengan target tersebut mereka optimis bisa memberdayakan dan menyejahterakan masyarakat lewat inovasi mesin cetak batako ini.

masyarakat yang mengikuti pelatihan ini juga merasa sangat senang sekali. karena dengan adanya pelatihan ini bisa menambah wawasan mereka mengenai pembuatan batako. Mereka berharap setelah pelatihan ini selesai agar pemerintah desa sewukan segera merealisasikan tempat produksi batako agar mereka bisa memiliki usaha tambahan yang bisa menyejahterakan hisup mereka.

Administrator
Creator
  • Categories: Berita Desa Kec. Dukun
  • Created At: -