Likes: 0

Call Center : +112

BERITAMAGELANG.ID - Pasien positif covid-19 di Kabupaten Magelang bertambah 17 menjadi 61 orang, Jumat (22/5/2020). 16 berasal dari Kecamatan Secang dan satu dari Kecamatan Windusari. Sebanyak 16 orang dari Secang itu, delapan memiliki riwayat bepergian dari Gowa sedangkan sisanya kontak erat dengan salah satu pasien terkonfirmasi positif yang sudah sembuh. 

"Sedang satu tambahan pasien terkonfirmasi positif dari kecamatan windusari, memiliki riwayat kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif dari Gowa," kata Koordinator Bidang Operasi, Retno Indriastuti Mkes melalui Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Tambahan 17 pasien positif teresbut, hari ini akan dievakuasi dan dirawat di RS Merah Putih.

Selain adanya tambahan 17 terkonfirmasi positif itu, kata Nanda, hari ini juga ada dua pasien positif yang sembuh. Total hingga saat ini sudah ada 24 orang yang dinyatakan sembuh setelah dua hasil swab negatif, yakni dari Kecamatan Borobudur yang sebelumnya memiliki riwayat bepergian dari Jakarta.

"Satunya dari Kecamatan Ngablak, yang punya riwayat bepergian dari Gowa," jelasnya.

Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang sembuh hari ini, imbuh Nanda, juga ada tambahan tiga orang menjadi 123 orang. Tiga PDP yang sembuh itu, berasal dari Kecamatan Salaman, Mertoyudan dan Kecamatan Dukun. 

PDP yang dirawat, ada tambahan dari Kecamatan Mungkid dua orang dan masing-masing satu orang dari Kecamatan Bandongan serta Secang. Sehingga total ada 24 PDP, yang dirawat di sejumlah rumah sakit.

Sedangkan Orang Dalam Pemantauan (ODP), lanjutnya, ada tambahan empat baru, namun ada 14 orang yang lolos pantau. Sehingga jumlah saat ini menjadi 52 orang. 

"Untuk yang meninggal, hari ini tidak ada penambahan. Masih tetap 27 orang dengan 25 dari PDP dan dua lainnya dari terkonfirmasi positif," lanjutnya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya kembali menyampaikan imbauan Bupati Magelang, Zaenal Arifin agar warga menerapkan disiplin pribadi dan kolektif secara bersama-sama di lingkungan masing-masing. 

"Baik disiplin soal bekerja, belajar dan beribadah di rumah, memakai masker saat keluar rumah, tidak mudik, jaga jarak minimal 1 hingga 2 meter, sering mencuci tangan pakai sabun, menunda mudik, konsumsi makanan bergizi, olahraga yang cukup dan minum vitamin serta menjaga daya tahan tubuh," pungkasnya. 

Bagyo Harsono
Creator
  • Categories: Berita Magelang
  • Created At: -