Likes: 0

Call Center : +112

BERITAMAGELANG.ID - Berbagai cara dilakukan untuk meningkatkan antusiasme warga agar mau divaksinasi Covid-19. Salah satunya dengan melaksanakan program vaksinasi di pinggir kolam renang. Hal itu dilakukan agar suasana saat vaksinasi lebih santai dan tidak tegang.

Seperti saat serbuan vaksinasi TNI Angkatan Darat di Desa Girikulon Kecamatan Secang Kabupaten Magelang pada Senin (26/7/2021). Pelaksanaan vaksinasi dilakukan di kawasan wisata kolam renang desa setempat.

Kepala Desa Girikulon Secang, Asdat Imam Ukir mengatakan, dipilihnya kolam renang sebagai lokasi vaksinasi, agar suasana tidak terlalu tegang. 

"Jadi lebih santai dan tidak terlalu formal. Berbeda kalau vaksin dilakukan di rumah sakit atau di tempat layanan kesehatan yang suasananya gimana begitu," katanya di sela-sela kegiatan. 

Di Desa Girikulon memang terdapat kolam renang yang merupakan objek wisata andalan untuk meningkatkan pendapatan desa. Namun, selama PPKM darurat, kolam renang itu tidak buka sesuai anjuran dari pemerintah. 

"Karena itu kami manfaatkan sebagai lokasi vaksinasi bagi warga," katanya.

Menurutnya, pelaksanaan vaksinasi di tepi kolam renang efektif untuk mengantisipasi kerumunan masyarakat. Karena berada di ruang terbuka, jalan cukup lebar dan terbatas. Sehingga warga harus satu persatu dalam mendapatkan layanan vaksin.

Ia menyebutkan target warga yang divaksinasi sebanyak 500 orang. Dan sejauh ini, sudah sebanyak 90 peren warga setempat yang mendapatkan vaksinasi. Diharapkan, dengn progam vaksinasi ini akan mampu membuat herd imunity bagi warga setempat, sehingga pandemi Covid-19 segera berakhir.

Palupi, salah satu warga setempat mengaku senang dan antusias saat pelaksanaan vaksin dilakukan di kolam renang. Selain karena tempatnya indah, juga suasana yang sejuk dan segar. 

"Jadi kita mau divaksin ya rasanya senang karena lokasinya tidak formal," ucapnya.

Ia mengaku baru pertama kali ini mengikuti vaksinasi dan antusias menanti vaksin yang kedua. 

Komandan Koramil Secang, Kapten Jumiyanto menambahkan, serbuan vaksinasi TNI Angkatan Darat kali ini dilaksanakan di tempat yang menyenangkan, di pinggir kolam renang desa Girikulon. 

"Warga nampak antusias mengikutinya. Target vaksin sebanyak 600 orang, 500 untuk warga usia 18 tahun ke atas dan 100 untuk lansia," terangnya.

Kurniawati
Creator
  • Categories: Berita Magelang
  • Created At: Rabu, 28 Juli 2021