Likes: 0

Call Center : +112

BERITAMAGELANG.ID - Peringatan hari Tri Suci Waisak 2022 diperkirakan bakal dihadiri Wakil Presiden KH. Ma'ruf Amin. Polres Magelang sudah menyiapkan pengamanan untuk jalannya kegiatan yang dipusatkan di Candi Borobudur pada Senin (16/5/2022).

Kapolres Magelang AKBP Sajarod Zakun kepada wartawan, Rabu (11/5/2022) menyampaikan, puncak acara Tri Suci Waisak kemungkinan akan dihadiri oleh Wapres KH M'ruf Amin. "Namun kita akan melihat perkembangannya, sejauh mana kehadirannya. Karena kita tidak bisa mendahului," ucapnya.

Menurut Sajarod, untuk pengamanan Wapres ada tersendiri, dimana akan melibatkan unsur TNI. Sedangkan Polri hanya mendukung terkait pengamanan tersebut.

Disebutkan, hari ini (Rabu-red), sedang dilaksanakan audiensi dengan pihak terkait dalam hal ini Walubi, selaku penyelenggara kegiatan."Hari ini panitia penyelenggara sedang  audiensi di tingkat Propinsi bersama Kapolda dan Gubernur. Setelah itu akan kita tindak lanjuti dengan koordinasi ditingkat Kabupaten, melibatkan Kodim, pemkab, TWCB sebagai penyedia tempat," ujarnya.

Ditambahkan, nantinya akan ada dua pengamanan, yakni pengamanan terkait dengan kehadiran Wapres dan satunya terkait kegiatan Waisak itu sendiri. Pengamanan menjadi perhatian mengingat sudah dua tahun umat Budha tidak bisa merayakan Waisak di Candi Borobudur dan Mendut, karena masih pandemi Covid-19.

Jumlah personil yang diterjunkan nantinya mencapai 962 orang. Dengan melibatkan Brimob dan personil dalmas dari Polres tetangga atau wilayah Kedu. "Karena personil kita terbatas sehingga butuh backup dari Polres sekitar," katanya.

Sementara itu, rangkaian kegiatan Waisak, menurut Kapolres, sudah di mulai sejak hari Minggu lalu. Puncaknya akan dilaksanakan pada Senin (16/5/2022). Kemudian malam harinya ditutup dengan menerbangkan lampion. Penerbangan lampion ini sudah menjadi tradisi rangkaian acara Waisak. Acara ini menjadi agenda yang sudah sangat ditunggu oleh masyarakat.

Terkait dengan kirab dari Candi Mendut menuju Borobudur sejauh 3 kilometer, Kapolres mengatakan, pihaknya akan melakukan rekayasa lalu lintas dan pengalihan arus.

Kurniawati
Creator
  • Categories: Berita Magelang
  • Created At: Rabu, 11 Mei 2022