Likes: 0

Call Center : +112

BERITAMAGELANG.ID - Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Magelang menggelar Pasar Murah dalam rangka menyambut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Pasar murah digelar di halaman kantor Disdagkop UKM Kabupaten Magelang, Jumat (23/12/2022). Beragam produk kebutuhan rumah tangga disediakan dengan harga eceran tertinggi (HET) seperti beras medium, gula pasir dan minyak goreng.


Selain itu juga ada gabungan UMKM yang menyediakan aneka jajanan seperti keripik slondok, keripik pisang, kue kering. Ada pula beberapa varian kopi bubuk dan jamu. Serta tak ketinggalan produk fashion pakaian batik.


"(Pasar murah digelar) dalam rangka stabilisasi harga menjelang natal dan tahun baru. Di pasar, harga beras medium itu sampai 10 ribu lebih per kg padahal HET nya Rp9.450 ini kita ada beras medium dengan harga HET," demikian disampaikan Pengawas Perdagangan Ahli Muda pada Disdagkop UKM Kabupaten Magelang, Tri Handayani, saat ditemui di sela kegiatan pasar murah tersebut.


Selain itu ada juga minyak goreng kemasan yang dijual seharga Rp15.000 per liter, dan gula pasir kemasan premium Rp13.500 per kg. 


"Sebetulnya kita juga ingin Bulog bawa daging sapi atau daging kerbau tapi ternyata stoknya kosong, jadi lebih ke stabilisasi harga sama pemberdayaan temen-temen UMKM," lanjutnya.




Yani berharap dengan adanya pasar murah ini masyarakat bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok dengan harga yang lebih terjangkau. Tidak bisa dihindari, kenaikan harga jelang natal dan tahun baru memang ada. Namun, ia mengimbau pada masyarakat agar lebih bijak dalam mengkonsumsi kebutuhan pokok sehari-hari.


"Barang kebutuhan pokok kan memang dikonsumsi sehari-hari tapi mungkin bisa lebih bijak kalau telur naik, dicari substitusi yang lain, kemudian kalau beras kaitannya memang karena faktor cuaca, curah hujan tinggi, otomatis jemur gabahnya susah kering pasti harganya juga naik, jadi ya bisa mungkin ketahanan pangan konsumsinya bisa bervariasi untuk karbohidrat," pesannya.


Fany Rachma
Creator
  • Categories: Berita Magelang
  • Created At: Jumat, 23 Desember 2022