Likes: 0

Call Center : +112

BERITAMAGELANG.ID - Menyambut Ramadan 1444 H, Festival Takjil 2023 digelar di halaman Kecamatan Tempuran, Jumat (31/3). Berbagai macam kuliner olahan warga Kecamatan Tempuran terpajang rapi selama 6 hari. Kegiatan tersebut diharapkan dapat mendorong pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka.


“Kegiatan ini tentunya akan membantu pemasaran temen-temen UP2K terutama temen-temen di Lapak Pilar. Kami selalu berupaya mendorong dan mendukung upaya pemberdayaan ekonomi masyarakat dari hulu sampai ke hilir," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang, Christanti Handayani Zaenal Arifin.


Dijelaskannya, dari hulu pihaknya telah melakukan pelatihan-pelatihan untuk pelaku UMKM dengan menggandeng dinas terkait terutama pemberian keterampilan kepada anggota TP PKK Kabupaten Magelang sehingga dapat meningkatkan perekonomian di keluarganya. Sementara dari sisi hilir, TP PKK Kabupaten Magelang selalu mendorong upaya berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk membantu mendorong penjualan dari pelaku UMKM.


“Saat ini di beberapa titik objek wisata Kabupaten Magelang telah terdapat pojok-pojok Dekranasda yang dapat digunakan pelaku UMKM memasarkan produknya. Salah satu titiknya ada di Ketep Pass Sawangan. Monggo ini bisa dimanfaatkan," lanjutnya.


Bahkan saat ini yang masih dalam proses, Christanti menjelaskan nantinya di DPMPTSP akan terdapat ruang pelayanan publik terpadu dan Dekranasda Kabupaten Magelang akan diberikan tempat untuk dapat dimanfaatkan pelaku UMKM.


“Upaya-upaya ini kami mohon dukungan dari semua pihak demi kemajuan UMKM di Kabupaten Magelang secara maksimal. Salah satu upaya yang dilakukan dengan kegiatan Festival Takjil ini yang dapat memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya," tambah Christanti.


Camat Tempuran, Yuvita Isni Kadratin menambahkan kegiatan Festival Takjil tersebut menggandeng Komunitas Lapak Pilar yaitu Lapak PKK Milenial Kecamatan Tempuran yang berisi ratusan pelaku UMKM yang ada di Kecamatan Tempuran.


“Kegiatan ini juga sebagai media promosi bagi pelaku UMKM di wilayah kami. Diikuti oleh anggota Lapak Pilar, UP2K, pedagang keliling, Tim Penggerak PKK Desa dan pihak terkait lainnya," katanya.


Setelah meninjau lapak UMKM, dalam kegiatan tersebut juga dilaunching kaos Lapak Pilar oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Magelang Christanti Handayani Zaenal Arifin dan penyerahan santunan kepada 62 penyandang disabilitas kategori fisik, intelektual dan mental di wilayah Kecamatan Tempuran.

Dhaniswara
Creator
  • Categories: Berita Magelang
  • Created At: Sabtu, 1 April 2023