Likes: 0

Call Center : +112

BERITAMAGELANG.ID - Program Pengabdian Masyarakat Aplikasi Pelaporan Dana BOS kerja sama Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN Jakarta dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang diluncurkan di Aula Ki Hajar Dewantoro, Kantor Dinas Pendidikan setempat, Selasa (30/7).


Plt. Sekda Kabupaten Magelang, Adi Waryanto menyampaikan terima kasih atas kerja sama Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN Jakarta, dengan Pemerintah Daerah. Dimana pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) menjadi salah satu faktor penilaian tersebut. Maka dinas pendidikan dituntut untuk manyampaikan dengan benar dan tepat waktu.


"Diharapkan dengan adanya aplikasi ini proses pelaporan Dana BOS dapat mudah, cepat, tepat dan benar.


Harapan kami aplikasi dapat segera diterapkan di sekolah dan manfaat Dana Bos dapat dirasakan peserta didik dan meningkatkan pendidikan," ucap Adi Waryanto.


Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, Endra Endah Wacana menyampaikan, terdapat berbagai kendala pengelolaan Dana BOS di setiap sekolah. Yang mana mayoritas guru bukan berlatar belakang pendidikan ekonomi keuangan.


"Belum ada aplikasi yang komperhensif dan menyeluruh untuk mempermudah pelaporan BOS. Kerja sama ini antara Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN Jakarta dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magelang, sudah diinisiasi sejak Januari 2019. Fokus kerja sama mencari solusi pelaporan dana BOS mudah, tepat dan benar," ungkap Endra dalam pidato sambutannya.


Direktur Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN Rahmadi Murwanto menyampaikan, program tersebut merupakan Tri Darma perguruan tinggi, yang mengabdi kepada masyarakat untuk membuat solusi terkait dengan pelaporan keuangan dana BOS.


"Sekitar 20 dosen kami membantu turun ke lapangan, jika aturan yang menghambat dari Kementerian Keuangan maka kami mengusahakan untuk merevisi, kami tidak ingin bapak ibu pelaksana program pusing dengan pelaporan.


Nantinya aplikasi pelaporan Dana BOS akan diterapkan di sekolah dan akan diberikan materi pelatihan serta pendampingan dari kami," ungkap Rahmadi Murwanto.


Kolaborasi kerjasama aplikasi pelaporan Dana BOS dilaksanakan kali pertama di Kabupaten Magelang dan tanpa proses tender sama sekali, alias murni pengabdian masyarakat.


Chandra Yoga
Creator
  • Categories: Berita Magelang
  • Created At: -