Likes: 0

Call Center : +112

Pada Bulan Juli Tahun 2018 Pemerintah Desa Podosoko telah menerima tugas dari Pemerintah Kabupaten Magelang yang diwakili oleh Dinas Pertanahan ATR/BPN untuk melaksanan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Program ini seyogyanya akan dilaksanakan pada tahun 2019. akan tetapi dikarenakan kuota untuk Kabupaten Magelang masih kurang,maka Desa Podosoko untuk diikutsertakan dalam program PTSL tersebut. Tanah bidang yang ada di Desa podosoko mencapai kurang lebih 1700 bidang tanah, sedangkan tanah yang sudah bersertifikat sejumlah kurang lebih 200. Maka untuk itu diharapkan seluruh masyarakat yang ada di Desa Podosoko maupun yang memiliki tanah di Desa Podosoko dapat mendaftarkan tanahnya di program PTSL tersebut. Untuk diketahui bahwa program pendaftaran sertifikat tanah tersebut adalah bersifat gratis karena dibiayai oleh APBN, akan tetapi program PTSL yang dibiayai oleh APBN tidak membiayai untuk biaya material pembuatan patok tanah, materai, biaya ATK dan fotocopy serta biaya petugas pengukur.

Adapun Peraturan yang disepakati oleh masyarakat dengan panitai desa PTSL adalah sebagai berikut.

1. Biaya pokok untuk pembuatan sertifikat atas nama adalah                                     Rp. 350.000

2. Biaya tambahan untuk pengurusan tanah Hibah / Waris adalah                               Rp. 100.000

3. Biaya tambahan untuk tanah jual beli dibawah Rp. 100 juta                                    Rp. 200.000

4. Biaya tambahan untuk tanah jual beli diatas Rp. 100 juta                                       Rp. 500.000

 

Syarat yang harus dibawa oleh peserta program PTSL adalah :

1. surat SPPT asli / Fotocopy

2. Fotocopy KTP

3. Fotocopy KK

4. Dokumen lain untuk kelengkapan.

Diharapkan untuk masyarakat yang akan mendaftar program PTSL untuk mendaftarkan secara langsung di Balai Desa Podosoko tanpa perantara guna mengurangi persepsi negatif serta meningkatkan transparansi dari program PTSL ini. Terima kasih.

Nmp
Creator
  • Categories: Berita Desa Kec. Candimulyo
  • Created At: -